Sabtu, 26 Maret 2011

terapi isotret minggu 1

Apa yg aku baca, sungguh menolong. Dikatakan pemakaian awal akan terjadi flare up. Dan hal ini betul terjadi ke aku. 3 hari pemakaian, jerawat baru mulai muncul. Dan itu nggak cuma 1-2. Namun langsung bnyk. Banyak bgt. FYI, pas aku terapi isotret, aku jg dilakukan peeling.
flare up ini bnr2 bikin aku sengsara. Saking banyaknya, aku sampe demam ringan. Aku merasakan nyeri di seluruh area T dan maksilaris. Bahkan kelenjar getah beningku pun sampe membesar (lymphnode submandibula). Sumpah, sakiiit bgt!
Akhirnya setelah 3 hari pemakaian, aku kembali lagi ke dokterku. Diantar ayah. Bahkan ayahku pun panik ngeliat aku. Sumpah, bpkku yg bnr2 nyuruh aku unt kembali lg ke dokterku. Aku sebenernya sdh tau kl ini cm reaksi awal, dan ntar insyaallah akan membaik. Dan aku pun sdh jelasin ke ayahku, mencoba menenangkan beliau. Tapi nihil. Beliau tetap panik.
Walhasil ketika aku konsul lg ke dokterku, aku menceritakan semua. Panjaaang bgt. Sampe akhirnya, nggak dilakukan tindakan apapun. Nggak dikasih obat minum (antibiotik), nggak disuntik, nggak dikasih salep. Bnr2 dibiarin aja. Krn emang sih, isotret ini obat yang nggak main2. Kalo aku diberi obat minum lain, takutnya ada interaksi obat didalam tubuhku, dan jika hal itu terjadi, malah bs bikin kesehatanku terganggu. Nggak diberi injeksi, jg dgn alasan yg sama. Nggak diberi salep, krn semua krimku masih komplet. Akhirnya,dokteku hanya menyuruh aku untuk bertahan dan bersabar. Trenyuh jg denger nasehat dokterku. Beliau menjelaskan dgn penuh kesabaran dan jg memotivasi aku. Beliau bilang kl ada jg pasien lain yg punya kasus serupa dgn aku. dan dia jg terapi isotret dan alhamdulillah kondisi dia sdh jauh lebih baik. Aku turut senang mendengarnya. Dan aku pun semangat lagi. Tp krn nggak diberi obat lagi, itu artinya aku harus menahan sakit dan malu. Jujur, pas flare up aku malu bgt ketemu orang. Males ditanya-tanya ttg wajahku. Tp ya sudahlah, aku menjalani dgn sabar dan dgn baik. Capek bgt sebenernya. Psikis ini capek menghadapi pandangan orang lain ke aku.
Tp nggak lantas aku diam aja. Aku akhirnya memberanikan diri untuk membeli vitamin (antioksidan) asthin force. Ini cm suplemen dr bahan alami. Diambil ekstrak dr bahan alami. Dan aku tau kl asthin force ini satu-satunya antioksidan yang ada efek anti inflamasi (anti bengkak). Dan aku pun meminumnya, setelah yakin ini nggak bertentangan dgn terapi isotretinoinku. Selain dibantu dgn asthin force, aku jg rajin mempraktekkan kuantum ikhlas. Berdoa disertai afirmasi. Dan alhamdulillah, asthinforce dan doaku mulai bekerja. 2 ahri setelah mengonsumsi asthin, kelenjar getah beningku mulai mengecil meski blm kembali ke ukuran normal. Dan jerawat yg gede2 jg mulai nggak sakit lg. Meski efek flare up msh terus berlangsung. Yang penting, aku nggak merasakn kesakitan akibat kelenjar yg membesar. Ayahku msh tetep panik dan cerewet mengkhawatirkan aku. Tp aku terus menenangkan beliau. yang tau pasti kl ada perbaikan dari terapi ini adalah diriku. Sekecil apa pun kemajuan yang aku peroleh, langsung aku apresiasi. Minimal mengucapkan alhamdulillah dalam hati. Aku terus minum isotret-asthin force- dan melakukan kuantum ikhlas. Dan terus menuliskan kemajuan2 kecil yang aku peroleh.

4 komentar:

  1. "Dikatakan pemakaian awal akan terjadi flare up. Dan hal ini betul terjadi ke aku. 3 hari pemakaian, jerawat baru mulai muncul. Dan itu nggak cuma 1-2. Namun langsung bnyk."

    Flare up seberapa parah?
    Apakah jerawat besar-besar atau kombinasi. Apakah di wajah saja atau sampai pada dada dan punggung.

    Tampaknya bila akan memakai Accutane, apakah sebaiknya pada saat kita sedang libur panjang/cuti kerja ya (jadi bisa sembunyi seminggu dua minggu awal pengobatan), karena kalau "flare up" masih ketemu orang bisa depresi kita ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibandingkan dgn kondisi sebelum pake accutane, bisa dibilang sangat parah :)
      Sebelum konsumsi accutan jerawatku memang bnyk. Dan saat flare up, jerawat yg muncul lebih bnyk lagi. Jerawat 'flare up' kombinasi tipe yg cystic dan papul-pustul. Saat itu jujur aja aku sampai kesakitan bgt.
      Dan sepertinya mungkin kalau ga tahan malu, memang kayaknya minum accutane pas libur/cuti saja ya..hehehee..

      Ya saat flare up itu pun orang-orang di sekitar selalu mengomentari. Hehehehee.... sempet depresi juga sih. Krn saking ga tahan nyeri pd jerawatnya dan juga saking malesnya ngadepin komentar orang-orang sekitar.

      Flare up yg terjadi hanya di daerah wajah saja. Cuma setiap orang berbeda sih.

      Hapus
  2. sama q jg flare up muncul 3 hari smpai skrg pamaakaian 2 minggu masih sja flare up :(

    kira2 dosis yg flare up nya hnya 2 minggu braapa kali shari ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tentang dosis, tanya saja ke dokter kulit yg merawat. Saya tdk berhak menjawab pertanyaan ttg dosis:)

      Hapus