Kamis, 24 Maret 2011

Epilog

Jerawat untuk sebagian orang mungkin bukan masalah yang rumit. Tapi nggak di diriku. Sejak SMA aku jerawatan. Dan menjadi lebih parah pas sudah kuliah ini. Di semster 4 ketika mata kuliah jadi padat dan berat, mungkin hormonku dan pola makan yang salah smakin bikin jerawat ini parah. Bingung, tentu aja. Sedih? mungkin nggak. Minder? big no. Sebenernya mulai kenal jerawat itu pas SMP itu krn menarche. Tp ngga parah2 bgt paling2 pas mau mens aja keluar. Selebihnya cuma komedo dan kulit yang oily. Setelah itu perawatan di n*****a. Bagus sih..kulit jd tenang dan komedo ilang. Tp setelah pemakaian 2 tahun, mulai kerasa efek sampingnya. kulit jadi memerah, apalgi kl kena matahari. Kulitku jd nggak bisa kena matahari sama sekali. Efek steroid. Steroid yang ada di dlm komposisi krim klinik kecantikan itu. Selain itu, timbul telangiectasis. Parah. Dan aku rasa, mikroflora yg ada di kulit wajahku jg jd mutasi. Aku merasa kekebalan kulit mukaku sdh nggak ada. Jadi gampang bgt kena infeksi. Kotor dikit langsung timbul jerawat pustula. Repot. Dan sejak itu perjuangan dimulai. Aku berkelana mencari dokter dan pengobatan. Mulai dari tips ringan di majalah sampe terapi2 yng mahal aku coba. Dari yang cuma rajin cuci muka, banyak minum air putih, minum jamu, rajin facial, IPL, terapi hormon, sampe facial yang muahal (skali facial 250ribu). Semua nihil.
Dan berganti klinik. Est**r. Bagus tp jg ujung2nya tetep. Tidak membaik namun jg nggak memburuk. Stagnan. Sampe dokternya jg bilang unt periksa ke interna bagian endokrin. Istimewa kan??

1 komentar: