Minggu, 08 Desember 2013

PROPEEL...deep peeling :)

Sebagai pasien dengan keluhan jerawat kronis seperti aku, sdh seharusnya bener-bener disiplin perawatan di dokter kulit. Hanya saja tidak dipungkiri, kalau ke dokter kulit itu harus meluangkan waktu, tenaga, dan biaya yg tidak sedikit. Saya paham sih kenapa perawatan kulit itu mahal karena memang obat-obat dan alat yang dipakai pun juga mahal. Tapi tetaplah harus dijalani. KArena dokter kulitku mengerti kalau saya adalah termasuk pasien yang males kalau harus perawatan yang ribet, jadi dokter kulitku selalu menyarankan untuk peeling tiap 2 bulan sekali. Dan karena problem saya termasuk 'parah' dan sudah ada sedikit komplikasi maka disarankan untuk peeling jenis propeel. Dan saya browsing mencari tau. Ternyata propeel ini termasuk peeling yang bisa dibilang deep peeling. Prosesnya aja tidak seperti peeling biasanya. Jadi awalnya muka dibersihkan. Lalu mulailah prosedur peeling. Propeel ini terdiri dari 4 macam lapis peeling. Jadi ada empat jenis cairan yang akan dioleskan. Lapisan pertama rasanya panas dan perih, lalu ditunggu sekita 3 menit, lalu dimulailah lapisan kedua. Ini lebih panas lagi. Dan inipun dibiarkan 3 menit. Lalu lapisan ketiga, masih lebih perih lagi. lapisan keempat berwarna kuning, dan ini paling panas. Selama proses peeling biasanya saya tdk sengaja akan mbrebes mili (keluar air mata) saking panas dan perihnya. Dan setelah proses selesai, tidak boleh kena air selama 6 jam. Dan keesokan harinya cuci muka hanya boleh pakai air saja. Hanya dibasuh tidak boleh digosok kasar. selama 3 hari sebaiknya hindari paparan matahari. Jadi jangan aktivitas outdoor dulu kalau bisa. Kalaupun aktivitas outdoor sebaiknya lindungi wajah dari paparan debu dan sinar matahari. Efek pengelupasan kulit akan terlihat pada hari ke 4-5 setelah pengolesan peeling. Dan kulit yang terkelupas pun terlihat menghitam kecoklatan lalu akan pelan-pekan ngelupas. Dibandingkan peeling lain, peeling ini efek ngelupasnya lebih dalam dan lebih heboh. But that's okay. Setelah kulit terkelupas, dibawahnya ada kulit wajah baru yang sangat kenyal dan berwarna pinky. Sangat kenyal dan lembut. Ah sayangnya saya ga punya fotonya. Harga peeling ini cukup mahal menurutku..hehee Dan bahan aktif proopeel ini adalah TCA. Kata dermatologku, peeling ini akan merangsang kolagen kulit, jadi dia memang meresap agak dalam dibandingkan peeling yang lain. Mungkin itu sebabnya kenapa pengolesan harus sampai empat kali. Dan peeling ini juga bisa mengurangi bekas jerawat. Menurut saya, harga yang mahal dari peeling ini sebanding dengan efek yang ditimbulkan.

2 komentar:

  1. Sekarang masih dengan dr Fitri mbak di SSC?
    Saya juga sedang perawatan di SSC dengan dr Ni Putu. Treatment nya peeling biasa 3x, propeel sudah 5x, krim malam lightening & enhancer. peeling dilakukan 1bln sekali. Tapi jerawat masih muncul hampir setiap hari bergantian tempat munculnya, saat hilang jadi membekas merah2, bekas jerawat yg sebelum2nya juga masih belum hilang. Pernah juga jerawat di pipi disuntik, membekas merah cukup lebar dan sudah 7 bulan sampai sekarang belum hilang.
    Sekarang saya hentikan krim lightening & enhancernya, jerawat lebih jarang tumbuh meski masih ada beberapa. Yang masih digunakan sunblock dan facial wash.
    Saya hrs bagaimana ya mbak, apakah sebaiknya pindah dokter? krn di SSC sangat mahal.
    Apakah propeel yang dilakukan terus menerus nantinya tidak membuat kulit menjadi tipis dan semakin mudah teriritasi?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. maaf baru balas. Baru sempat buka blog ini. Skrg karena saya kerja di luar kota, jadi jarang ke SSC lagi. Dan pada saat itu, dokter Fitri juga sdh tdk di SSC lagi.
    Waktu itu saya juga menggunakan enhancer, dan sebenarnya enhancer cara kerjanya selain mempercepat regenerasi kulit, juga melunakkan komedo yang ada. Dan sayangnya bagi beberapa orang, memang akan muncul efek bruntusan atau malah akan keluar jerawat.
    Mengenai pertanyaan propeel, pada dasarnya semua peeling itu aman jika dibawah pengawasan dokter. Peeling boleh dilakukan sebulan sekali. Tidak boleh terlalu sering. Dan pada saat peeling, selama 7 hari sebaiknya jangan terpapar matahari secara langsung. Jika harus terpaksa melakukan aktivitas outdoor, maka jangan lupa mengoleskan sunblock dan pakailah pelindung (payung/topi)

    BalasHapus